WHO Tetapkan Virus Corona Pandemi Global, Ingatkan Semua Negara Aktifkan Respon Darurat

Ilustrasi Virus Covid-19 (Foto: Net)

| Badan Kesehatan Dunia PBB atau World Health Organization (WHO) akhirnya menetapkan wabah virus corona (Covid-19) sebagai pandemi global karena penyebarannya meluas dari pusat wabah.

“Kami menilai, bahwa Covid-19 dapat dikategorikan sebagai pandemi,” terang Direktur Jenderal WHO, Tedros Adhanom Ghabyesus, pada Rabu (11/3/2020) malam, dalam pidato resminya, seperti dilansir dari katadata.

Untuk diketahui, pandemi adalah epidemik penyakit yang menyebar di wilayah yang sangat luas mencakup lintas benua atau global. Situasi pandemi ditetapkan bila memenuhi tiga kondisi: munculnya penyakit baru, menginfeksi manusia dan menyebabkan penyakit berbahaya dan menyebar dengan mudah serta berkelanjutan antar-manusia.

Tedros pun menghimbau setiap negara segera ambil pendekatan ke masyarakat serta menerapkan strategi komprehensif mencegah infeksi dan minimalisasi dampak lanjutan melalui empat cara.

Pertama, bersiap dan mengantisipasi penularan termasuk menyiapkan rumah sakit, melindungi dan melatih tenaga medis.

Kedua, mendeteksi, melindungi dan merawat pasien terinfeksi, juga menguji, memisahkan dan melacak penyebaran kasus infeksi.

Ketiga, mengurangi transmisi. Keempat, berinovasi dan belajar terkait penanganan virus ini.

“Saya mengingatkan semua negara bahwa WHO meminta Anda untuk mengaktifkan dan meningkatkan mekanisme respon darurat,” tegas Tedros. (tb/kd)